Jumat, 01 Juni 2012

Pelajaran-pelajaran dari kamera analog (film)

Semakin hari semakin banyak pengalaman yang didapatkan dari kamera film:

1) Benar-benar mikir, apa objek yang di foto benar-benar layak untuk di foto alias conserve film, soalnya satu rol cuman bisa nampung 36 gambar :D

2) Komposisi benar-benar di pikirkan, biar enggak ada foto yang beres di ambil tiba-tiba mikir "tadi ngapain ya ngambil foto ini." soalnya sayang kalau asal ambil tanpa dipikir dulu komposisinya.

3) Belajar sabar, kadang-kadang ada objek bagus, tapi cahaya kurang, terpaksa mengurungkan niat, daripada maksa foto tau-tau hasilnya malah blur gara-gara kurang cahaya :P

4) Belajar posisi tubuh yang tepat, biar gambar enggak blur. Posisi tubuh bisa membantu hingga shutter speed 1/10 detik, dibawah itu gunakanlah tripod :P (posisi tubuh yang bagus tangan kiri jadi tumpuan beban kamera, tangan kanan hanya menekan tombol shutter, tapi jangan di hentak, pelan-pelan biar gambar enggak blur).

5) Belajar fokus (kamera SLR / RF) manual. Mengatur shutter speed dan aperture secara manual berdasarkan lightmeter di dalam kamera.

6) PALING PENTING !! BELAJAR MENIKMATI HASIL KARYA SEPERTI APAPUN HASILNYA !! toh kalau kamera digital tinggal delete aja. Kalau kamera analog maksa kita untuk belajar dari hasil yang jelek biar nanti hasilnya enggak kayak gitu lagi.

Ada yang mau nambahin? :D

2 komentar:

Anonymous said...
gi mana setingan lampu flas yg benar..
CacingKepanasan said...
Ya, yang penting pakai flash sesuai dengan merek kamera (misalkan nikon pakai nikon, canon pakai canon) soalnya kalo enggak takutnya IC di dalem kamera / flashnya terbakar.

tapi kalau kamera jadul kayak gambar di atas sih, bebas pakai flash apa aja, karena flash merek aslinya udah susah nyarinya :)

Kalau setingan lampu flash yg paling sederhana sih ya usahakan jangan menyorot langsung ke objek, tapi kalau bisa bounce (misalkan arahkan ke langit-langit) jadi sinar dari lampu flash enggak terlalu tajam dan menimbulkan efek bayangan yang pekat.

CMIIW :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar